Selamat datang di blog “NAYLA ELEKTRONIK”, Sedan - Rembang - Jawa Tengah. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan blog ini.

Minggu, 05 Juni 2011

USB to serial interface dengan kabel data hp

USB to Serial Port Interface - Komputer saat ini tidak ada port serialnya, padahal dengan port itu kita dapat bereksperiment dengan mikrokontroler (MK), sebagai programmer atau beberapa peralatan lama mungkin masih memerlukan port serial. Memang ada yang jual serial to USB, harganya mulai 65rb hingga 200rb an, buatan China, hasilnya lumayan , yang merk BAFO kelihatannya lebih baik, keluarannya db9, persis serial port asli. Solusi lain adalah dengan memanfaatkan kabel data handphone yang banyak dijual dipasaran, harganya berkisar 50rb, tapi mesti dimodifikasi ujungnya dengan koneksi ke header 4 pin masing-masing Ground, Vcc, Tx (transmit data) dan Rx (receive data). Perlu diketahui bahwa USB itu ada 4 kabel, ada Vcc (5V), Data+ dan Data- serta Gnd (0V), jadi supplynya bisa dimanfaatkan, tapi jangan kelewat batas arus (100mA). Level sinyal output dan input kabel data adalah digital TTL, Vcc 5Volt atau 3 Volt, jadi sudah kompatibel dengan MK, tidak usah diberi konvertor seperti halnya serial port asli PC yang level tegangannya adalah RS232, yang perlu dikonversi dengan IC 232 atau dengan konfigurasi transistor. Berikut beberapa contoh kabel data yang dapat digunakan;



DCU-11 - digunakan untuk Sony Ericsson tipe lama, tapi mungkin masih banyak yangcari, karena bisa digunakan untuk internetan, lihat pada gambar dcu-11 , tentu saja bagian konektornya harus dibuka untuk solder kabel keluar. Dari port USB hingga konektor HP (yang berbentuk jajaran genjang) masih pakai 4 kabel asli interface USB yaitu biru: Ground, putih dan hijau: Data (differential data), orange:+5V (Vcc). Karena Vcc sampai keujung konektor, ini bisa dimanfaatkan untuk mensuply MK Programmer maupun MK Target, jadi tidak perlu bikin power supply. Untuk data Rx diambil dari pin no 4 (dari kiri) pada segment konektor kanan dan Tx pada pin no 5. Tx artinya data keluar dari ke PC, Rx data masuk dari PC, koneksikan kedua sinyal tersebut bersama Ground dan +5V keluar, dengan urutan pada header female yaitu Ground (pin 2 segmen kiri), +5V (Vcc) - pin 1 segmen kiri, Tx dan Rx .

DKU-5 Nokia, DKU 5 ini murah sekali, digunakan untuk kabel data nokia, yang sebenarnya adalah USB to Serial, Drivernya kalau tidak Prolific, ya HugePine, kabelnya sedikit, anda harus bongkar ujungnya, nah anda harus cari 4 kabel mana yang Vcc, Gnd, Tx dan Rx, kalau diberi penjelasan warna, kemungkinan warnanya beda, saya dapatkan merah adalah Gnd, putih Tx, coklat Rx, Vcc tak bisa didapat, ambil langsung dari konektor USBnya saja. Ini petunjuk untuk mendapatkannya, anda harus gunakan hyperteminal atau semacamnya, setelah anda install drivernya, menjalankan hyperterminal dengan memilih port yang sesuai, maka jika anda menyentuh ujung kabel Rx, dilayar akan muncul karakter yang macem2, karena tangan anda sebagai antena, dan masuklah sinyal noise, sehingga dianggap data, dan ditampilkan dilayar. Selanjutnya cari Tx dengan menggabungkan dengan Rx, jika cocok, apa yang anda ketik akan di echo-kan atau didouble-kan, misalnya keti a, akan tampak dilayar aa dst, tentunya fasilitas echo dilayar di hyperterminal harus di enable-kan. Untuk mencari Gnd, ukur tegangan dengan Tx yang pada keadaan diam, tidak ada data dikirim, bertegangan hi, atau 5V, nah mencari Vcc yang 5 Volt, tentunya mudah, tinggal ukur kabel yang lain terhadap Gnd, kalu 5V ya itulah dia, tetapi sepertinya DKU5 ujungnya tak ada 5V-nya. Dengan cara yang sama anda juga bisa gunakan kabel data CA42.

Untuk menjalankannya anda harus install driver, selanjutnya pilih COM yang sesuai dengan inteface-nya, kadang COM3, kadang COM22, tergantung hardware dan software yang ada di PC anda. Kelihatannya drivernya tidak stabil dan kadang minta direstart ulang, dengan cara mencabut dan memasukan kembali konektor USB-nya, jika gagal koneksi, akan muncul error unable to write atau unable to open COMxx.



Anda bisa langsung koneksikan Tx ke Rx Programmer, seperti isp4, dan Rx ke Tx, jangan lupa Gnd harus dihubungkan, sedangkan Vcc 5V jika ada bisa dimanfaatkan untuk power supply ke programmer mikrokontroler atau rangkaian mikrokontroler yang lain.

http://www.elektro.undip.ac.id/kenung/?p=191
print this page Print this page

Artikel menarik lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan!... Anda bebas berkomentar, tapi mesti sopan, tidak berbau sara dan spam.

Nayla Elektronik © 2008. Design by :Yanku Templates Diotak-atik Oleh : Lek Ipul © 06-Juni-2010. Sponsored by: Tutorial87 Commentcute